TUJUAN DAN MANFAAT UTAMA PETUALANGAN

Januari 20, 2018
Tujuan Dan Manfaat Penjelajahan

Tujuan Penjelajahan


1. Untuk dapat lebih mengagumi & mencintai keindahan Tanah Air serta untuk  lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, Pencipta Alam Semesta

2. Untuk mengetahui segala sesuatu tentang penjelajahan & keterampilan yang di perlukan untuk menjelajah Alam

3. Untuk membina kesehatan, kebugaran fisik, mental, emosional, sosial, untuk mendapatkan kegembiraan dan mengendorkan ketegangan jiwa serta untuk mengisi waktu luang

4. Untuk meningkatkan kemampuan keamanan, keterampilan, kedisiplinan dan juga rasa tanggung jawab

5. Untuk dapat lebih dekat mengenal lingkungan atau Alam sekitar dan untuk meningkatkan kemampuan saling bekerjasama dengan kelompok

6. Untuk meningkatkan Ilmu Pengetahuan dalam berbagai Aspek. Seperti meningkatkan Ilmu pengetahuan tentang Alam, sosial dan lain - lain.

 MANFAAT UTAMA

  • Melatih mengontrol diri sendiri


    Image result for mendaki
  1. Aktifitas bertualang semisal mendaki gunung bukanlah aktifitas yang bisa dianggap remeh.Banyak hal yang harus dipersiapkan secara matang sebelum proses pendakian.Kegiatan mendaki gunung di alam bebas memiliki banyak resiko yang berbahaya. jika kalian ingin mendaki gungung maka dibutuhkan perencanaan yang matang.
  •  Menumbuhkan sikap positif

     

    Related image

    Saat kalian membuat perencanaan, petualangan kalian sudah dilatih untuk berfikir jauh ke depan. kalian juga dilatih untuk bertanggung jawab.

    Kreatif dapat diartikan dengan memiliki daya cipta untuk mengkreasikan sesuatu yang ada dengan hal yang berbeda karena dengan alam bebas yang minim fasilitas dibutuhkan kreatifitas yang tinggi agar kalian tidak berhenti berjuang di tengah jalan.
    Misalnya saja jika kalian tidak membawa peralatan makan anda dapat menggunkan daun jati, daun pisang atau daun lain yang lebar sebagai alas makan yang sederhana.Kalian juga dapat menggunakan alas tidur dengan rerumputan yang rimbun supaya terasa lebih empuk dan nyaman.

    Kemudian berani,sikap keberanian ini akan dibarengi dengan sikap sigap yang berarti kalian cepat, tangkas dalam menangani masalah. Misalnya saat hujan turun tiba-tiba kalian harus melakukan penanganan seperti mencari tempat berteduh atau mencari alat yang bisa digunakan untuk melindungi diri agar tidak terkena hujan dan masuk angin.
  • Melatih untuk memahami diri sendiri


    Image result for perempuan mencium bunga 
     Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, namun ada saatnya dimana mereka harus mulai belajar memahami diri mereka dan berinteraksi dengan pribadi diri sendiri.
    Jiwa kalian akan mulai berinteraksi dengan diri sendiri dan mencoba merenungkan apa yang telah terjadi pada diri kalian selama ini, baik keberhasilan, kegagalan dan semua rintangan yang mungkin akan energi positif untuk melangkah maju ke jalan yang lebih baik.
  • Wadah penyalur hobi

     

    Related image 
    Saat bertualang di alam bebas, kalian dapat mensinergikan bakat maupun hobi anda sekaligus.
    Misalnya : fotografi atau menulis kalian akan mendapatkan inspirasi yang luas di alam raya ini. Banyak  hal menarik yang akan kalian jumpai dan cocok untuk kalian jadikan objek penyaluran hobi dan bakat. Jiwa seni yang kalian miliki tentunya menjadikan lebih senang menghabiskan waktu diluar  ruangan terbuka.

Sumber:https://moeslema.com/816




Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.